Pengajian Tukar Pasangan Viral, Gus Samsudin Ditahan, Malah Sekarang Santri-nya Dipulangkan -->

Pengajian Tukar Pasangan Viral, Gus Samsudin Ditahan, Malah Sekarang Santri-nya Dipulangkan

Minggu, 10 Maret 2024, Maret 10, 2024

Gus Samsudin

Blitar - posinfo.id | Setelah mengupload konten bertukar pasangan yang berimbas Gus Samsudin oleh Polda Jatim ditetapkan sebagai tersangka, juga dialami oleh santri-santri yang ada di padepokan miliknya. 


Terlihat puluhan santri yang tinggal di padepokan Gus Samsudin akhirnya dipaksa untuk dipulangkan. Tindakan itu dilakukan Forkopimda Kabupaten Blitar setelah berkoordinasi dengan semua pihak.


"Pemulangan mereka berdasarkan kesepakatan dengan kepolisian, kemenag, dan Pemkab Blitar," ucap

Kasi Humas Kemenag Kabupaten Blitar, Jamil Mashudi, Sabtu (9/3/2024).


Ia menyatakan, ada sekitar 30 orang lebih yang tinggal di padepokan tersebut dan nantinya dilakukan pemulangan secara bertahap. "Pemulangan dan akomodasi mereka nantinya dibantu oleh Dinas Sosial Pemkab Blitar. Tindakan ini kami lakukan untuk menjaga kondusifitas wilayah paska Samsudin di tahan," ujarnya.


Dari keterangan para santri padepokan Gus Samsudin, kalau mereka berasal dari berbagai daerah dan ada juga dari luar pulau. "Mereka ada yang dari Malang, Banyuwangi, ada juga dari Sumatera," singkatnya.


Diketahui sebelumnya, Polda Jatim dalam keterangan resminya menyatakan bahwa Gus Samsudin sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus konten tukar pasangan yang viral di media sosial dan meresahkan masyarakat.


Samsudin sendiri setelah ditetapkan tersangka dan memakai baju tahanan Polda Jatim mengaku senang dan akibat hukum dari pembuatan konten tersebut adalah takdir yang harus dijalani. "Saya jalani apa yang menjadi kehendak-Nya," katanya dengan tersenyum. @sis

TerPopuler