Wawali Surabaya Temukan 3 Tempat Usaha Biliar Tidak Mempunyai Izin Khusus Selama Ramadhan -->

Wawali Surabaya Temukan 3 Tempat Usaha Biliar Tidak Mempunyai Izin Khusus Selama Ramadhan

Jumat, 22 Maret 2024, Maret 22, 2024

 

Wawali Armuji sidak salah satu rumah biliar di Surabaya

SURABAYA – posinfo.id | Wakil Walikota Surabaya Armuji saat melakukan sidak menemukan tiga tempat usaha biliar di Surabaya yang tidak memiliki izin buka selama Ramadhan, Kamis (21 Maret 2024).


Tiga rumah biliar tersebut adalah Turbo Biliar Maspion Square Margorejo, Sonic Biliar Plaza Marina, dan M-Bluedark Marvel City Ngagel.

 
Di lokasi pertama, Wakil Wali Kota Armuji, Camat Wonocolo Muslich, dan anggota Satpol PP Kecamatan menemukan Turbo Biliar dipadati pengunjung.

Kemudian, Armuji dan camat meminta pengurus tempat usaha biliar untuk menunjukkan izin operasional perusahaan. Feri yang mengaku sebagai pengawas Turbo Billiard langsung menunjukkan izin usahanya.

Rupanya Turbo Biliar tidak memiliki izin khusus Ramadhan yang dikeluarkan Dinas Pariwisata Kota Surabaya.


Camat Wonocolo dan petugas Satpol PP langsung meminta parapengunjung yang sedang bermain billiard untuk segera membubarkan diri setelah permainan usai.

 
"Sekarang kalau permainan sudah selesai, segera tutup. Saat ini tempat tersebut tidak boleh beroperasi selama Ramadhan. Akan dibuka kembali setelah Idul Fitri," pinta Muslich kepada pengunjung.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Armuji meminta tempat usaha billiard yang belum mendapat izin dari Dinas Pariwisata untuk buka selama Ramadhan setidaknya mematuhi aturan yang telah ditetapkan.


“Pemeriksaan ini diawali dengan penutupan salah satu lokasi biliar. Mereka keberatan, kenapa hanya milik saya dan yang lain tidak. Untuk menghindari kecemburuan sosial, kami tertibkan semuanya. Yang mana ada izin khusus dari Dinas Pariwisata, dan mana tidak ada, langsung cek ke lapangan,” jelas Armuji.

 
Armuji mengatakan, dari sekian banyak rumah billiard di Surabaya, hanya 9 lokasi yang boleh beroperasi, antara lain Galaxy Billiards, Strike Koko 9 Ball, Hot Shot, Option, Golden. Snitch, Seven, Kaza dan City Ball. Kesembilan lokasi ini telah diverifikasi dan didaftarkan melalui SK 93133.


“Hanya 9 lokasi yang memiliki izin dan telah diverifikasi oleh dinas pariwisata.Jadi, siapa pun yang mempunyai usaha yang belum terverifikasi dan tidak bisa buka selama bulan puasa, silakan tutup sendiri.

 “Tujuannya adalah agar tidak ada penebangan selektif dan tidak ada kecemburuan sosial,” jelasnya.

Menurutnya, pool house yang terverifikasi dapat dibuka selama bulan Ramadhan dan hanya untuk fasilitas olahraga. Sedangkan yang belum terverifikasi akan diminta tutup untuk menghormati selama Ramadhan.

 
Feri, supervisor Turbo Billiard, mengakui aturan ini aneh.Mengingat hanya 9 tempat billiard yang boleh beroperasi selama Ramadhan.

“Aneh. Karena yang berizin Pobsi hanya ada 9 tempt. Daerah kita izinnya penuh, bahkan tidak ada usulan. Apalagi yang jadi persoalan adalah SK 93113, digabung dengan pemerintah pusat menjadi SK 9311 KLBI, dan Kita sudah punya 9311, serta Setahu saya 93113 khusus tempat hiburan,” jelasnya.

 
“Sementara itu, bilyar adalah olahraga. Mengapa lapangan bulu tangkis dan futsal tidak diperintahkan tutup? Mereka menganggap bilyar sebagai hiburan, bukan olahraga.Kami keberatan atas penutupan ini. Kami sangat dibingungkan karena dianggap 93113 KLBI. Karena masih dianggap hiburan,” lanjut Feri.

 
Setelah meninggalkan Turbo Biliar, Wakil Walikota Armuji melanjutkan peninjauan Sonic Biliar Plaza Marina. Di sini dia melihat banyak turis bermain billiard.Begitu juga di M-Bluedark Marvel City Ngagel. Wisatawan tampak asyik bermain biliar. Di dua lokasi tersebut, aparat Satpol PP langsung meminta pengunjung untuk membubarkan diri.

TerPopuler